Langsung ke konten utama

PROFIL DESA SENGON


Desa Sengon merupakan wilayah yang masuk dalam regional kecamatan Jombang, kabupaten Jombang, provinsi Jawa Timur. Untuk lokasi kantor desa Sengon terletak di Jalan Kapten Pierre Tendean No. 274. Jarak lokasi kantor desa dengan pusat kota Jombang atau kecamatan Jombang yaitu 1,3 km yang di tempuh sekitar 4 menit. Jumlah kepala keluarga yang tinggal di desa Sengon yakni 232 KK. Yang mana masyarakatnya bermata pencaharian terbanyak di bidang wiraswasta.
Kode Desa/Kelurahan : 3517092009.
Luas Wilayah : 149 Hektar.
Koordinat Bujur : 149,00
Koordinat Lintang : 112,224906
Kode pos : 61418

  • ·       Visi dan misi

Pada era sekarang ini dengan semakin luasnya kewenangan desa untuk mengatur dan mengurus kepentingan desa, mengharuskan setiap desa lebih kreatif dan inovatif dalam hal pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Langkah ini tidaklah mudah untuk diwujudkan akibat beberapa permasalahan yang dihadapi. Permasalahan tersebut seperti relatif rendahnya kondisi sosial ekonomi masyarakat, antara lain kemiskinan, jumlah pengangguran, pemahaman terkait kesehatan sebagian kecil masyarakat masih rendah serta produktifitas dan kreatifitas ekonomis masyarakat yang juga kurang diberdayakan.
Dari uraian singkat tentang permasalahan diatas, dan untukmengatasi permasalahan tersebut diatas, maka ditetapkan visi dan misi desa, sebagai berikut:
a.       Visi Desa
“Bersama Masyarakat Desa Mewujudkan Desa Sengon yang Sejahtera”

b.      Misi Desa
Misi yang diemban untuk mewujudkan Visi diatas adalah:
1)      Mewujudkan kepemerintahan desa yang baik
Dengan jalan memberdayakan lembaga-lembaga yang ada di desa, seperti BPD, LPMD, RT dan RW dan lain-lain.
2)      Meningkatkan pelayanan prima
Dengan jalan agar memiliki daya saing,baik di tingkat kecamatan,kabupaten ataupun di tingkat yang lebih tinggi.
3)      Memberdayakan potensi desa yang ada

Dengan jalan memfasilitasi untuk berkembangnya potensi tersebut melalui koordinasi dan bekerjasama dengan instansi-instansi terkait di bidang Kesenian, Olahraga dan sebagainya.

Komentar

  1. Mau bermain slot dengan deposit Pulsa?

    Klik ====> Regis Slot Deposit Pulsa

    Mari join segera

    Info hub
    WA : 0822 6793 2581

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proker Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan

Identifikasi Masalah, Potensi Desa Dan Rancangan Kegiatan Program Kerja Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan No Identifikasi Masalah Identifikasi Potensi Lembaga Sumber –Sumber Bentuk - Bentuk Kelembagaan Yang Direkomendasikan Pokok- Pokok Rencana Kegiatan Hasil Yang Diharapkan Manfaat Biaya Jangka Pendek Jangka Panjang 1. Minimnya kesadaran dalam pengembangan potensi desa di bidang ekonomi Meningkatkan pendapatan warga desa sengon dengan memanfaatkan lahan tidak terpakai Pembinaan kepada warga di desa sengon tentang  potensi desa di bidang ekonomi Mensosialisasikan bagaimana cara pemanfaatan lahan desa, serta pemberian motivasi dalam mengembangkan potensi diri untuk menjadi wirausaha. Menumbuhkan kesadaran warga dalam mengembangkan lahan desanya melalui wirausaha, serta untuk meningkatkan pendapatan warga desa sengon. Menumbuhkan kesadaran warga dalam mengembangkan poten

Proker Bidang Kesehatan Lingkungan

Identifikasi Masalah, Potensi Desa Dan Rancangan Kegiatan Program Kerja Bidang Lingkungan Kesehatan No Identifikasi Masalah Identifikasi Potensi Lembaga Sumber –Sumber Bentuk - Bentuk Kelembagaan Yang Direkomendasikan Pokok- Pokok Rencana Kegiatan Hasil Yang Diharapkan Manfaat Biaya Jangka Pendek Jangka Panjang 1. Kurangnya kesadaran warga akan kebersihan lingkungan sekitar Meningkatkan kesadaran warga sengon agar membuang sampah pada tempatnya serta memanfaatkan sampah lingkungan dengan metode daur ulang Pembinaan kepada warga di desa sengon tentang manfaat lingkungan bersih bagi kesehatan Mensosialisasikan bagaimana cara menjaga lingkungan agar tetap bersih dan penanggulangan sampah Berkurangnya sampah rumah tangga dan menumbuhkan kesadaran warga agar tidak membuang sampah di sembarang tempat Kebersihan lingkungan yang akan mengurangi resiko akan terjadinya banjir dan penyaki